Abstract:
Self regulated learning merupakan strategi belajar yang dilakukan dimana
individu dibimbing mulai dari cara berfikir dan belajar agar dapat mempunyai
motivasi kuat untuk belajar dan selalu aktif dalam proses pembelajaran Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran self regulated learning pada
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar. Penelitian ini
dilakukan pada 243 mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
Makassar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaka skala
self regulated learning berdasarkan teori Zimmerman (2002) dengan nilai
reliabilitas 0.845. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan
Teknik analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas
Psikologi Universitas Bosowa Makassar memiliki self regulated learning pada
kategori sedang. Hal ini dibuktikan dari nilai mean yang diperoleh 66.16, berada
pada rentang skor antara 62.42 - 69.89 atau 36.2 %. Artinya, mahasiswa Fakultas
Psikologi Universitas Bosowa Makassar dapat merencakanan, mengatur, dan
mengontrol aktivitas belajar dengan cukup baik, memiliki motivasi yang baik dan
dapat mengarahkan perilakunya dalam menyusun strategi belajar dengan baik,
sehingga dapat mencapai tujuan belajar yang diinginkan.