DSpace Repository

STUDI TINGKAT PELAYANAN JALAN TOL MAKASSAR DENGAN KEBIJAKAN TRANSAKSI NON TUNAI (UANG ELEKTRONIK)

Show simple item record

dc.contributor.author SAID, AMIN NUR
dc.date.accessioned 2022-10-12T08:18:22Z
dc.date.available 2022-10-12T08:18:22Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4512041032
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/977
dc.description.abstract PT. Bosowa Marga Nusantara dan PT. Jalan Tol Seksi Empat Makassar sebagai pengelola jalan tol senantiasa melakukan peningkatan kualitas layanan transportasi.. salah satu penilaian efektivitas layanan dapat dilihat berdasarkan waktu pelayanan dan tingkat kedatangan. kajian ini membandingkan efektivitas untuk tiga jenis layanan yaitu pada Gerbang Tol Otomatis (GTO), Gerbang Tol Semi Otomatis (GSE), dan Gerbang tol Semi Otomatis Isi Ulang (GIU). Penelitian merupakan peneilitian survei dengan berfokus pada dua variabel yaitu waktu pelayanan dan tingkat kedatangan. Pengambilan data kendaraan diambil pada saat jam sibuk (peak hour) dengan asumsi waktu jam sibuk dimulai pukul 07.00 – 12.00 WITA dan pukul 16.00 – 20.00 wita. Pengambilan data yaitu Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu, selama dua pekan sejak tanggal 10 hingga tanggal 21 Juni 2019.Penelitian dilakukan pada tiga gerbang tol yaitu di gerbang tol cambaiya, gerbang tol kaluku bodoa dan gerbang tol biringkanayaGerbang Tol Biringkanaya yang melayani arus kendaraan dari Bandara.Gerbang Tol Kaluku Bodoa yang melayani arus kendaraan dari jalan A.P.PettaraniGerbang Tol Cambaya yang melayani arus kendaraan dari pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa pada layanan semi otomatis pada Gerbang Tol Cambaya bernilai 1.4 untuk pagi hari dan 1.3 pada sore hari. Pada Gerbang Tol Kaluku Bodoa diperoleh nilai efektivitas layanan Semi Otomatis sebesar 1.4 pada pagi hari dan 1.2 pada sore hari. Pada Gerbang Tol Biringkanaya diperoleh nilai efektivitas layanan Semi Otomatis sebesar 1.9 pada pagi hari dan 2.1 pada sore hari. Berdasarkan dari hasil analisis efektivitas di atas dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata efektivitas gerbang tol semi otomatis sebesar 1.55 untuk pagi dan sore pada en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Waktu Pelayanan en_US
dc.subject Tingkat Kedatangan en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.title STUDI TINGKAT PELAYANAN JALAN TOL MAKASSAR DENGAN KEBIJAKAN TRANSAKSI NON TUNAI (UANG ELEKTRONIK) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account