Abstract:
Bisnis online telah menjadi fenomena yang semakin populer, menawarkan peluang yang signifikan
bagi perempuan untuk berwirausaha secara daring. Namun, perempuan juga dihadapkan pada
sejumlah tantangan yang memerlukan solusi yang terarah dan dukungan yang berkelanjutan. Dalam
konteks ini, program pengabdian kepada masyarakat (PKM) "Pemberdayaan Perempuan dalam Bisnis
Online: Peluang dan Tantangan di Era Digital" ini dirancang untuk memberikan kesempatan,
pengetahuan, dan dukungan bagi perempuan dalam mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang
dalam bisnis online. Melalui pendekatan pendidikan, pelatihan, mentorship, dan pembentukan
jaringan, PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi perempuan dan kontribusi
mereka dalam ekonomi digital Indonesia. Dengan demikian, artikel ini menyajikan analisis situasi,
metode pelaksanaan, hasil, dan pembahasan dari PKM tersebut, serta menekankan pentingnya
memberdayakan perempuan dalam bisnis online untuk menciptakan dampak positif dalam masyarakat
secara keseluruhan