DSpace Repository

PENGARUH BENTUK TES FORMATIF DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Salamang Salmiah
dc.date.accessioned 2023-10-25T09:14:16Z
dc.date.available 2023-10-25T09:14:16Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.issn 2579-7654
dc.identifier.issn 2528-0945
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8265
dc.description.abstract Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk tes formatif dan kompetensi guru terhadap hasil belajar fisika dengan mengontrol pengetahuan awal siswa. Penelitian eksperimen ini mengunakan desain faktorial 2x2, yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 dan 5 di Kota Makassar. Data dianalisis dengan ANKOVA. Dengan mengontrol pengetahaun awal siswa, hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar fisika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih tinggi dari hasil belajar fisika siswa yang diberi tes formatif pilihan ganda, 2) Hasil belajar fisika siswa yang diajar guru yang memiliki kompetensi tinggi lebih tinggi dari hasil belajar fisika siswa yang diajar guru yang memiliki kompetensi rendah, 3) Terdapat pengaruh interaksi antara bentuk tes formatif dengan kompetensi guru terhadap hasil belajar fisika, 4) Hasil belajar fisika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih tinggi dari hasil belajar fisika siswa yang diberi tes formatif pilihan ganda, khusus bagi siswa yang diajar guru yang memiliki kompetensi tinggi, dan 5) Hasil belajar fisika siswa yang diajar guru yangmemiliki kompetensi tinggi lebih tinggi dari hasil belajar fisika siswa yang diajar guru yang memiliki kompetensi rendah, khusus bagi siswa yang diberi tes formatif uraian. Dengan demikian, guru hendaknya meningkatkan kompetensinya dan memberikan tes formatif uraian untuk meningkatkan hasil belajar fisika. en_US
dc.publisher Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP) en_US
dc.subject Bentuk Tes Formatif en_US
dc.subject Hasil Belajar Fisika en_US
dc.subject Kompetensi Guru en_US
dc.subject Pengetahuan Awal en_US
dc.title PENGARUH BENTUK TES FORMATIF DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account