Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
menyebabkan obyek wisata Pantai Jikumerasa belum berkembang dan
strategi pengembangan obyek wisata Pantai Jikumerasa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui
faktor-faktor yang menyebabkan obyek wisata Pantai Jikumerasa belum
berkembang digunakan uji analsis regrasi linier berganda. Sedangkan
untuk merumuskan strategi pengembangan obyek wisata Pantai
Jikumerasa menggunakan analisis SWOT.
Kesimpulan utama dari hasil uji analisis regresi linier berganda yang
berpengaruh signifikan terhadap perkembangan obyek wisata Pantai
Jikumerasa adalah faktor informasi dan promosi dengan nilai thitung = 8.258
sedangkan ttabel = >2.032 dimana nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel
sehingga dinyatakan hasil di tolak, nilai t positif hal ini menunjukan bahwa
faktor informasi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap
perkembangan obyek wisata Pantai Jikumerasa. Strategi pengembangan
obyek wisata Pantai Jikumerasa adalah memanfaatkan RPJMD
Kabupaten Buru tahun 2017-2022, dan memanfaatkan RIPPDA Pantai
Jikumerasa sebagai arahan pengembangan dan peningkatan sarana
prasarana serta peningkatan informasi dan promosi terkait letak onyek
wisata pantai jikumerasa