Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dapatkah big five personality menjadi
prediktor terhadap aggressive driving pada pengemudi dewasa awal. Penelitian
dilakukan terhadap 421 orang responden yang merupakan pengemudi berusia
18 hingga 25 tahun. Skala yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua
skala adaptasi. Adapun skala yang diadaptasi yaitu Aggressive Driving Scale
Behavior berdasarkan Houston, Harris, & Norman (2003) dan Big Five Inventory
(BFI) yang diadaptasi oleh Yusuf Hampan (2019) berdasarkan konsep teoretis
yang dikembangkan oleh John dan Srivastrava (1999). Data dianalisis dengan
regresi linear berganda, dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS
Statistic 24. Hasil yang didapatkan dari hipotesis pertama menunjukan bahwa
ada pengaruh yang signifikan antara big five personality terhadap aggressive
driving pengemudi dewasa awal dengan besar sumbangan kontribusi 9,5%.
Hasil yang didapatkan dari hipotesis menunjukan bahwa hanya beberapa
dimensi big five personality yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
aggressive driving pengemudi dewasa awal dimensi extraversion dengan besar
sumbangan kontribusi 3.4%, dimensi neuroticism dengan besar sumbangan
kontribusi 1.0% dan dimensi openness dengan besar sumbangan kontribusi
4.6%. Sedangkan dimensi agreeableness dan conscientiousness tidak bisa
menjadi prediktor aggressive driving pada pengemudi dewasa awal.