Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah harga diri memberikan pengaruh
terhadap fear of missing out (FoMO) pada remaja pengguna media social
Instagram di Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan pada 410 remaja yang
berusia 12-17 tahun di Kota Makassar. Instrument pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini ada dua. Yaitu skala harga diri yang di adaptasi
oleh Magvirah Aulia (2019) sesuai dengan aspek Coopersmith (1981).
Sedangkan skala fear of missing out (FoMO) yang di adaptasi oleh Dian Pratiwi
(2020) sesuai dengan aspek Wegman et,.al (2017). Data analisis menggunakan
Teknik regresi sederhana. Hasil uji hipotesis yang di dapatkan yaitu harga diri
tidak memberikan pengaruh terhadap fear of missing out (FoMO) dengan nilai
sigifikan yang di dapatkan sebesar 0.069p > 0.05 yang menunjukkan tidak ada
pengaruh. Dengan itu peneliti berasumsi bahwa ada faktor lain yang
mempengaruhi variable fear of missing out (FoMO)