dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan
kreativitas belajar siswa. Penelitian ini di laksanakan di SDN 2 Kolonodale tahun
ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
Desain penelitian deskriptif kualitatif. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IIIa yang
berjumlah 26 siswa dan kelas IIIb yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan 3 (tiga) tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi. Kemudian untuk pengujian keabsahan data
menggunakan tri-angulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam
meningkatkan kreativitas belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas III SDN 2
Kolonodale adalah 1) sebagai pembimbing 2) sebagai model 3) sebagai mentor |
en_US |