dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan social support dan hope dalam
memprediksi adaptabilitas karir pada siswa SMA dan SMK di Kota Makassar.
Responden berjumlah 477 siswa dengan rincian 212 siswa SMA dan 265 siswa
SMK. Instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu skala
adaptabilitas karir CAAS (Career Adapt-Abilities Scale) yang di konstrak oleh
Savickas dan Porfeli (2012) dengan α=0,908; skala social support ISEL
(Interpersonal Support Evaluation List) yang di konstrak oleh Cohen & Hoberman
(1983) dengan α=0,836 dan skala Hope ADHS (Adult Dispositional Hope Scale)
yang di konstrak oleh Snyder (1991) dengan α=0,802. Hipotesis dianalisis
menggunakan teknik regresi linear berganda dan menghasilkan tiga temuan.
Pertama, social support dan hope secara bersama-sama mampu memprediksi
adaptabilitas karir siswa SMA dengan nilai kontribusi sebesar 26,1% (p=0,001;
p<0,05) dan siswa SMK sebesar 5,8% (p=0,001; p<0,05). Kedua, social support
memiliki kontribusi sebesar 11,3% (p=0,001; p<0,05) pada siswa SMA dan 2,3%
(p=0,013; p<0,05) pada siswa SMK. Ketiga, hope memiliki kontribusi sebesar
26,1% (p=0,001; p<0,05) pada siswa SMA dan 5,8% (p=0,001; p<0,05) pada siswa
SMK. Secara parsial social support dan hope berpengaruh positif terhadap
adaptabilitas karir, dengan demikian semakin tinggi social support yang dimiliki
maka semakin tinggi pula adaptabilitas karirinya. Hal serupa terjadi pada hope,
dimana semakin tinggi hope maka semakin tinggi pula adaptabilitas karirinya. |
en_US |