PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL INTEGRATED DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V-C SD NEGERI BEROANGING KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author ARSYAD, ARSIAH
dc.date.accessioned 2022-10-17T02:17:15Z
dc.date.available 2022-10-17T02:17:15Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106005
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1130
dc.description.abstract Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitin ini adalah (1) mendekripsikan peningkatan minat belajar bahasa Indonesia siswa kelas V-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar setelah penerapan.pembelajaran terpadu model integrated; dan (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar setelah penerapan. pembelajaran terpadu model integrated. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian PTK, yang meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) minat belajar bahasa Indonesia siswa kelas V-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar mengalami peningkatan setelah menggunakan pembelajaran terpadu model integrated. Minat belajar bahasa Indonesia siswa kelas V-C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar mengalami peningkatan setelah menggunakan pembelajaran terpadu model integrated. Hal ini ditunjukkan oleh cepatnya siswa datang ke sekolah; selalu mengerjakan PR; suka mngerjakan soal dan latihan, baik di sekolah maupun di rumah; tidak suka membolos; suka mengulangi pelajaran di rumah; selalu memperhatikan penjelasan guru; aktif bertanya; aktif menjawab; aktif berdiskusi, bersungguh-sungguh dalam belajar, aktif mengerjakan tugas di kelas; aktif bekerja sama dalam belajar; saling melengkapi jawaban dalam diskusi; menjaga sopan santun dan tata krama, serta disiplin dalam bekerja/ mengerjakan tugas; dan (2) prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V.C SD Negeri Beroanging Kecamatan Tallo Kota Makassar mengalami peningkatan setelah menggunakan pembelajaran terpadu model integrated, yang ditunjukkan oleh nilai hasil belajar pada siklus I baru mencapai 34,78 % (8 orang) yang mencapai ketuntasan belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai 80, kemudian mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada siklus II menjadi 100 % (23 orang siswa). Dengan demikian, pada siklus II tidak ada siswa yang tidak tuntas berdasarkan KKM, sehingga prestasi helajar siswa mengalami peningkatan yang sangat tinggi en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject pembelajaran terpadu en_US
dc.subject integrated en_US
dc.subject minat dan prestasi belaja en_US
dc.title PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL INTEGRATED DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V-C SD NEGERI BEROANGING KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account