Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukenali faktor yang
mempengaruhi pengembangan Obyek Wisata Pulau Sanrobengi
Kabupaten Takalar. Serta untuk mengetahui strategi pengembangan
potensi Obyek Wisata Pulau Sanrobengi Kabupaten Takalar
Variabel yang digunakan terdiri dari 5 (Lima) variabel diantaranya: (1)
Daya Tarik Wisata; (2) Sarana Penunjang; (3) Keamanan dan
Kenyamanan; (4) Informasi dan Promosi; (5) Aksesibilitas. Metode analisis
yang digunakan berupa chi-square, selanjutnya digunakan uji kontingensi
dalam penarikan kesimpulan yang dilanjutkan dengan sistem skoring
Skala Likert sebagai parameter mengetahui besarnya hubungan variabel
X terhadap Y. Selanjutnya menyusun strategi pengembangan potensi
obyek wisata Pulau Sanrobengi dengan metode analisis SWOT.
Berdasarkan hasil uji Chi-Square diperoleh faktor yang berpengaruh
signifikan terhadap pengembangan Potensi Obyek Wisata Pulau
Sanrobengi. Variabel yang memiliki pengaruh terhadap strategi
pengembangan potensi obyek wisata Pulau Sanrobengi Kabupaten
Takalar ada tiga variabel yaitu daya tarik wisata, Sarana Penunjang
Wisata, dan Aksesibilitas. Sedangkan variabel yang tidak memiliki
pengaruh ada dua yaitu Keamanan dan Kenyamanan serta Informasi dan
Promosi.
Sehingga strategi yang dapat digunakan dalam strategi pengembangan
potensi obyek wisata Pulau Sanrobengi Kabupaten Takalar yaitu dengan
Mensosialisasikan terkait RTRW Kabupaten Takalar, Peningkatan
kontribusi parwisata terhadap kualitas dan kuantitas sumber daya
manusia, Mendukung visi misi RIPPARDA serta menjadikannya
acuan/pedoman dalam pengembangan obyek wisata, Meningkatkan daya
tarik wisata dengan menghadirkan kembali festival/event wisata bahari,
Meningkatkan sarana dan prasarana penunjang wisata untuk menarik
minat wisatawan/pengunjung, serta meningkatkan promosi dengan
pemanfaatan teknologi informasi.