dc.description.abstract |
Regulasi diri adalah proses seseorang dalam berpikir, mengatur dan bertidak.
Regulasi diri merupakan salah satu faktor yang berperan penting sebagai
penunjang keberhasilan seseorang dalam meraih hasil belajar yang baik, terutama
pada siswa. Siswa yang memiliki regulasi diri tinggi cenderung menunjukkan sikap
mandiri, bertanggung jawab dan dapat menuyusun strategi belajar untuk
meningkatkan prestasinya. Sebaliknya, siswa yang memiliki regulasi diri rendah
cenderung memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui gambaran regulasi diri siswa SMP Mahaputra Tello di Kota Makassar.
Penelitian ini melibatkan 295 responden dengan teknik pengambilan sampel
probability sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala
regulasi diri yang disusun berdasarkan aspek dari Zimmarman (2008) dengan
jumlah aitem 16, dengan reliabilitas sebesar 0.776. Analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif dengan bantuan aplikasi SPSS Statistic 2.1. Hasil
penelitian menyatakan bahwa regulasi diri siswa SMP mahaputra berada pada
kategori sedang yaitu sebesar 37%, tinggi sebesar 22%dan rendah sebesar 29%. |
en_US |