Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dukungan sosial
teman sebaya terhadap self efficacy akademik pada mahasiswa di Kota
Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di Kota Makassar.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 444 responden. Instrumen pengumpulan
data yang digunakan peneliti ada dua, skala self efficacy dimodifikasi oleh
peneliti sesuai dengan aspek-aspek Bandura (1997) dengan reliabilitas 0.884
sedangkan skala dukungan sosial yang telah diadaptasi oleh Ramadhani (2020)
yang mengacu pada aspek-aspek Cohen dan Hoberman (1983) dengan
reliabilitas 0.992. Penelitian ini mengunakan teknik analisis regresi sederhana
untuk melihat antara variabel bebas dan variabel terikat dengan bantuan program
SPSS 2.4.0 For Windows. Hasil analisis menujukan bahwa dukungan sosial
teman sebaya berpengaruh positif terhadap self efficacy akademik pada
mahasiswa di Kota Makassar dengan besar kontribusi sebesar 8.7%. Arah
penelitian yang searah, yaitu apabila dukungan sosial tinggi maka self efficacy
tinggi. Begitu pula sebaliknya, apabila dukungan sosial rendah maka self efficacy
rendah.