PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN SEKECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG

Show simple item record

dc.contributor.author SYARAH, EVI
dc.date.accessioned 2022-10-18T01:42:37Z
dc.date.available 2022-10-18T01:42:37Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106008
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1202
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan jenis-jenis penguatan yang diberikan guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Sekecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, (2) Mendeskripsikan gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Sekecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, dan 3) Mendeskripsikan pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Sekecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan expostfacto (kausal komparatif). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sekecamatan Suppa Kabupaten Pinrang yang berjumlah 516 siswa. Sampel Penelitian ini berjumlah 35 orang siswa yang berasal dari tiga sekolah yang diambil secara acak (random sampling) yakni UPT SD Negeri 100 Pinrang yang siswanya berjumlah 12, UPT SD Negeri 111 Pinrang yang siswanya berjumlah 8 dan UPT SD Negeri 203 Pinrang yang siswanya berjumlah 15 siswa. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Jenis-jenis pemberian penguatan guru pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Sekecamatan Suppa Kabupaten Pinrang secara maksimal tercapai melalui penguatan berupa verbal, nonverbal dan penghargaan yang diberikan kepada siswa yang telah menuntaskan proses pembelajaran yang diberikan oleh guru, (2) Gambaran motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Sekecamatan Suppa Kabupaten Pinrang berupa motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik berupa adanya motivasi diri dengan menumbuhkan rasa percaya dalam diri. Motivasi ekstrinsik berupa adanya dukungan atau pembelajaran sebaya, dan media pembelajaran yang mendukung dalam proses pembelajaran, dan (3) Hasil Rhitung 0.488 > Rtabel 0. 334. Nilai signifikansi pengaruh penguatan yang diberikan kepada siswa terhadap motivasi belajar sebesar 0,003 yang berarti lebih kecil dari 0,01 hal tersebut dapat disimpulkan data tersebut adalah adanya hubungan antara penguatan yang diberikan kepada siswa terhadap motivasi belajar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Bahasa Indonesia en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Penguatan en_US
dc.title PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN SEKECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account