dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan jenis-jenis penguatan yang
diberikan guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Sekecamatan
Suppa Kabupaten Pinrang, (2) Mendeskripsikan gambaran motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Sekecamatan Suppa
Kabupaten Pinrang, dan 3) Mendeskripsikan pengaruh pemberian penguatan
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V
SDN Sekecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan expostfacto (kausal
komparatif). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
Sekecamatan Suppa Kabupaten Pinrang yang berjumlah 516 siswa. Sampel
Penelitian ini berjumlah 35 orang siswa yang berasal dari tiga sekolah yang
diambil secara acak (random sampling) yakni UPT SD Negeri 100 Pinrang yang
siswanya berjumlah 12, UPT SD Negeri 111 Pinrang yang siswanya berjumlah 8
dan UPT SD Negeri 203 Pinrang yang siswanya berjumlah 15 siswa. Setelah
melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Jenis-jenis pemberian
penguatan guru pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Sekecamatan
Suppa Kabupaten Pinrang secara maksimal tercapai melalui penguatan berupa
verbal, nonverbal dan penghargaan yang diberikan kepada siswa yang telah
menuntaskan proses pembelajaran yang diberikan oleh guru, (2) Gambaran
motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN
Sekecamatan Suppa Kabupaten Pinrang berupa motivasi instrinsik dan motivasi
ekstrinsik. Motivasi instrinsik berupa adanya motivasi diri dengan menumbuhkan
rasa percaya dalam diri. Motivasi ekstrinsik berupa adanya dukungan atau
pembelajaran sebaya, dan media pembelajaran yang mendukung dalam proses
pembelajaran, dan (3) Hasil Rhitung 0.488 > Rtabel 0. 334. Nilai signifikansi
pengaruh penguatan yang diberikan kepada siswa terhadap motivasi belajar
sebesar 0,003 yang berarti lebih kecil dari 0,01 hal tersebut dapat disimpulkan
data tersebut adalah adanya hubungan antara penguatan yang diberikan kepada
siswa terhadap motivasi belajar. |
en_US |