PENERAPAN METODE PAKEM DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES PAROPO

Show simple item record

dc.contributor.author ALLO, GRACE SANDA
dc.date.accessioned 2022-10-18T06:42:48Z
dc.date.available 2022-10-18T06:42:48Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4517103011
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1233
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode PAKEM dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Paropo. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Paropo yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 10 orang dan perempuan 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari hasil penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari proses pembelajaran dan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes yang dilakukan. Rumus yang digunakan dalam analisis deskriptif statistik menggunakan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Paropo. Hal ini diketahui dari meningkatnya nilai ratarata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang dapat dilihat pada hasil tes akhir pada setiap siklus. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Metode PAKEM en_US
dc.subject Bahasa Indonesia en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN METODE PAKEM DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES PAROPO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account