dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas
penerapan metode PAKEM dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia
siswa kelas IV SD Inpres Paropo. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas
IV SD Inpres Paropo yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak
10 orang dan perempuan 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari hasil penelitian
berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari proses
pembelajaran dan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes yang dilakukan. Rumus
yang digunakan dalam analisis deskriptif statistik menggunakan SPSS 26 for
windows. Hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan
metode pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia
siswa kelas IV SD Inpres Paropo. Hal ini diketahui dari meningkatnya nilai ratarata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang dapat dilihat pada hasil tes akhir
pada setiap siklus. |
en_US |