DSpace Repository

Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Dalam Menurunkan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi

Show simple item record

dc.contributor.author Mulki Rustam, Adlu
dc.date.accessioned 2021-03-26T06:46:22Z
dc.date.available 2021-03-26T06:46:22Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other 4514091022
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/124
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Cognitive Behavior Therapy efektif dalam menurunkan stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar. Penelitian ini diawali dengan 156 responden dengan melihat skor-skor stres akademiknya. Lalu, akhirnya hanya 4 responden yang memiliki stres akademik yang sangat tinggi untuk menjadi partisipan penelitian dalam eksperimen ini. Teknik pemillihan responden eksperimen menggunakan analisis SPSS 20 For Windows. Setelah itu diberikan intervensi Cognitive Behavior Therapy. Pendekatan penelitian ini menggunakan Mixed-Method dan Desain Quasi Eksperimen, Desain pada penelitian ini menggunakan Times Series Design yang disajikan dalam bentuk tabel. dilihat dari perbandingan perbedaan skor sebelum dan setelah di intervensi. Skor partisipan 1 sebelum di intervensi Pretest (1) sebanyak 101, Pretest (2) 98, Postest menurun menjadi 43. Skor partisipan 2 sebelum di intervensi Pretest (1) sebanyak 116, Pretest (2) 97, Skor Postest setelah dilakukan intervensi menurun menjadi 40. Sedangkan skor partisipan 3 sebelum di intervensi Pretest (1) sebanyak 108, Pretest (2) 96, Skor Postest menurun menjadi 38 dan Partisipan 4, sebelum di intervensi Pretest (1) sebanyak 111, Pretest (2) 98, Skor Postest menjadi 31. Hasil pada penelitian ini bahwa Cognitive Behavior Therapy efektif menurunkan tingkat stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. en_US
dc.publisher Universitas Bosowa en_US
dc.subject Mahasiswa en_US
dc.subject Stres Akademik en_US
dc.subject Cognitive Behavior en_US
dc.title Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Dalam Menurunkan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account