dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Hasanuddin yang dilaksanakan
pada bulan Februari-Maret 2021. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara
mendalam, dan studi kepustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk
mengetahui sistem pengembangan SDM kepustakawanan terhadap pelayanan di
Universitas Hasanuddin; dan 2) Untuk mengetahui hambatan yang dialami dalam
pengembangan pustakawan di perpustakaan Universitas Hasanuddin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sistem pengembangan kepustakawanan di
perpustakaan Universitas Hasanuddin dilakukan melalui berbagai macam kegiatan.
Untuk mengembangkan SDM pustakawanan melalui pendidikan dan pelatihan (diklat)
dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan, seperti seminar, webinar, workshop atau
sharing knowledge (diskusi kecil), uji kompetensi, dan sertifikasi. Sementara itu
kegiatan non diklat dilakukan dalam bentuk rotasi pegawai di lingkungan perpustakaan.
Untuk tugas belajar belum dilakukan secara langsung melalui inisiatif kelembagaan
perpustakaan, karena itu selama ini dilakukan secara mandiri. Untuk promosi jabatan
belum dilakukan sesuai dengan yang diatur didalam Menpan RB Nomor 9 Tahun 2014
tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. (2) Hambatan dalam
pengembangan SDM kepustakawanan di perpustakaan Universitas Hasanuddin secara
internal berkaitan dengan sikap dan etos kerja para pustakawan yang cenderung abai dan
tidak peduli dalam upaya mengembangakan keterampilan yang dimilikinya. Sementara |
en_US |