dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) masalah
yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 150
Perindingan. (2) solusi yang diterapkan dalam menghadapi masalah dalam
pelaksanaan pembelajaran tematikk kelas IV SD Negeri 150 Perindingan
Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Menggunakan
pendekatan kualitatif.
Data di peroleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan
wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
tematik belum maksimal problematika pembelajaran tematik di SD Negeri 150
Perindingan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja masih ada.
Sedangkan faktor permasalahannya adalah kemampuan siswa yang masih kurang
dalam kurang aktif atau antusias, guru yang belum bisa mengelola kelas dengan
baik, guru yang kurang menggunakan metode dan model atau strategi, dan sarana
prasarana sekolah yang masih belum memadai, penilaian atau evaluasi kurang
maksimal, sehingga masih terhambatnya proses pembelajaran tematik. Solusi dari
sekolah yaitu guru KKG, mengikuti seminar- seminar atau worshop dan diklat
atau pelatihan-pelatihan tentang pembelajaranm tematik. |
en_US |