dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
animasi terhadap pembelajaran menyimak siswa kelas VII-3 SMP Negeri 35
Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian
Pretest-Posttest Control Group Design. Instrument penelitian berupa tes pilihan
ganda. Peneliti memberikan pretest pada kelas eksperimen. Kemudian, siswa
diajarkan dengan menggunakan media animasi. lalu, siswa diberikan posttest.
Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-3 sebanyak 30 orang dan siswa kelas
VII-9 sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
animasi terhadap pembelajaran menyimak siswa kelas VII-3 SMP Negeri 35
Makassar. Dapat dilihat dari hasil perhitungan yang terdapat pada lampiran
diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 3,771 > 0,254 . Karena t-hitung
besar dari t-tabel, maka hipotesis H1 diterima dan hipotesis H0 ditolak. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan media animasi terhadap pembelajaran menyimak siswa kelas VII-3
SMP Negeri 35 Makassar. |
en_US |