DSpace Repository

PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PUZZLEUNTUKMENINGKATKAN AKTIVITASDANHASIL BELAJARIPSSISWADI KECAMATAN TALLO KOTAMAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author AMINUDDIN, ASMI
dc.date.accessioned 2022-10-20T00:27:36Z
dc.date.available 2022-10-20T00:27:36Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106015
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1288
dc.description.abstract Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu muatan yang berusaha memberikan wawasan secara komprehensif tentang peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu-isu sosial, tradisi dalam ilmu social yang dikemas secara pedagogik, integratif, dan komunikatif secara relevan dengan situasi dan kondisi yang berkembang dalam masyarakat. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti, beberapa objek kajian dalam pembelajaran IPS di SD dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi tersebut, selain itu guru bertindak sebagai sumber dan bahan belajar sehingga materi yang disampaikan sesuai dengan target waktu tertentu tanpa memperhatikan tingkat pemahaman dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam penerapan pembelajaran jigsaw berbantuan media puzzle pada mata pelajaran IPS terhadap siswa di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar dalam penerapan pembelajaran jigsaw berbantuan media Puzzle pada mata pelajaran IPS terhadap siswa di Kecamatan Tallo Kota Makassar sebesar 92%. Kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran jigsaw, selain dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memupuk rasa persatuan, memperlancar komunikasi, membentuk sifat yang tidak egois, dan memupuk rasa tanggung jawab siswa baik dalam kelompok maupun individual en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pembelajaran Jigsaw en_US
dc.subject Media Puzzle en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PUZZLEUNTUKMENINGKATKAN AKTIVITASDANHASIL BELAJARIPSSISWADI KECAMATAN TALLO KOTAMAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account