dc.description.abstract |
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu muatan yang berusaha
memberikan wawasan secara komprehensif tentang peristiwa, fakta, konsep, dan
generalisasi yang berkaitan dengan isu-isu sosial, tradisi dalam ilmu social yang
dikemas secara pedagogik, integratif, dan komunikatif secara relevan dengan
situasi dan kondisi yang berkembang dalam masyarakat. Berdasarkan wawancara
dan observasi yang dilakukan peneliti, beberapa objek kajian dalam pembelajaran
IPS di SD dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi tersebut,
selain itu guru bertindak sebagai sumber dan bahan belajar sehingga materi yang
disampaikan sesuai dengan target waktu tertentu tanpa memperhatikan tingkat
pemahaman dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar dalam penerapan pembelajaran jigsaw berbantuan media
puzzle pada mata pelajaran IPS terhadap siswa di Kecamatan Tallo Kota
Makassar. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu (quasi eksperimen). Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan
aktivitas dan hasil belajar dalam penerapan pembelajaran jigsaw berbantuan
media Puzzle pada mata pelajaran IPS terhadap siswa di Kecamatan Tallo Kota
Makassar sebesar 92%. Kegiatan pembelajaran dengan penerapan model
pembelajaran jigsaw, selain dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi
pelajaran juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memupuk rasa persatuan,
memperlancar komunikasi, membentuk sifat yang tidak egois, dan memupuk rasa
tanggung jawab siswa baik dalam kelompok maupun individual |
en_US |