DSpace Repository

PENGARUH PENERAPAN TEKNIK AKROSTIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISIUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BEBAS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES PANNAMPU II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author MARHANI
dc.date.accessioned 2022-10-21T06:59:41Z
dc.date.available 2022-10-21T06:59:41Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106012
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1384
dc.description.abstract Tujuan penelitian untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi Bebas Bahasa Indonesia sebelum diterapkan teknik akrostik menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi bebas bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi Bebas Bahasa Indonesia setelah diterapkan teknik akrostik menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi bebas bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar;, dan (3) membuktikan adanya pengaruh penerapan teknik akrostik menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi bebas bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kecamatan Tallo Kota Makassar;. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kecamatan tallo Kota Makassar yang berjumlah 25 siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD sebanyak masing-masing 25 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Pretest-posttest Group Design. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis puisi bebas sebelum penerapan teknik akrostik menggunakan media audiovisual berada pada kategore rendah. Dari 25 siswa, ada 15 siswa yang tidak mencapai KKM; (2) kemampuan menulis puisi bebas setelah penerapan teknik akrostik menggunakan media audiovisual berada pada kategori efektif. Dari 25 siswa, hanya 6 siswa yang tidak mencapai KKM., dan (3) Hasil pembelajaran menulis puisi Bebas Bahasa IndonesiaSiswa pretest dan postest dengan Penerapan Teknik Akrostik dengan Menggunakan Media Audiovisual menunjukkan bahwa pretest dan postest adalah jika nilai t hitung > t tabel sama dengan -3,099 >2,05954. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima. Artinya ada pengaruh dari hasil belajar sesudah menggunakan teknik akrostik dalam menulis puisi Bebas Bahasa Indonesia dengan menggunakan media audiovisual en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject menulis puisi bebas en_US
dc.subject teknik akrostik en_US
dc.subject media audiovisual en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN TEKNIK AKROSTIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISIUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BEBAS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES PANNAMPU II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account