dc.description.abstract |
Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif, dimana penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui strategi apa yang tepat digunakan oleh sebuah perusahaan.
Dengan menggunakan analisis SWOT, penelitian ini dilakukan perusahaan yang
menggeluti dibidang usaha industri martabak yaitu pada UMKM Gudang Rasa
Makassar Data yang diperoleh dari hasil data primer, data sekunder. Beberapa
metode pengujian yang merupakan langkah-langkah dari uji analisis SWOT,
diantaranya yaitu dengan menggunakan Matriks IFAS, Matrik EFAS, serta
Diagram SWOT. Nilai hasil dari uji matrik IFAS (2,76) digunakan sebagai
sumbuh X (horizontal) pada diagram SWOT dan nilai hasil uji matriks EFAS
(2,80) digunakan sebagai sumbuh Y (vertikal) pada diagram SWOT. Hasil SWOT
menerangkan bahwa perusahaan berada pada daerah I, dimana pada daerah
tersebut menggambarkan bahwa faktor-faktor internal perusahaan dalam keadaan
kuat. Hasil analisis SWOT yang digambarkan dengan menggunakan diagram
SWOT menunjukkan kondisi perusahaan berada pada Kuadran I, dimana hal
tersebut berarti bahwa UMKM Gudang Rasa Makassar berada posisi Growth
(berkembang) dan strategi yang dapat dilakukan yaitu strategi pengembangan
pasar dan strategi pengembangan produk. Dengan demikian, strategi pemasaran
yang dapat diterapkan oleh UMKM Gaudang Rasa Makassar adalah Strategi
Agresif, yaitu perusahaan harus mampu mengembangkan kekuatan yang ada dan
meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada. |
en_US |