DSpace Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DAMDAS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY DI KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, NUR’ LINDAH
dc.date.accessioned 2022-10-24T08:11:19Z
dc.date.available 2022-10-24T08:11:19Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106016
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1473
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar dengan penggunaan media pembelajaran Damdas melalui metode course review horay terhadap siswa kelas IV di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar, dan (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran Damdas melalui metode course review horay terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV di SD Inpres kecamatan Tallo Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang didesain dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri atas 26 orang siswa SD Inpres Galangan Kapal II dan 24 orang siswa SD Inpres Galangan Kapal IV Kota Makassar. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Hasil uji-t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil pembelajaran tematik pada kelas yang telah diberi pembelajaran tematik dengan menggunakan metode course review horay sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,19 > 65,62. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima dengan nilai signifikan P(sig.2-tailed) = 0,002 < . (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode course review horay pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan metode course review horay (pendekatan konvensional en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Media Pembelajaran Damdas en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DAMDAS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY DI KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account