dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi
belajar dengan penggunaan media pembelajaran Damdas melalui metode course
review horay terhadap siswa kelas IV di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota
Makassar, dan (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media
pembelajaran Damdas melalui metode course review horay terhadap hasil belajar
tematik siswa kelas IV di SD Inpres kecamatan Tallo Kota Makassar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif, yang didesain dengan menggunakan desain
penelitian pretest-posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa SD kelas IV di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar. Sampel
penelitian ini berjumlah 50 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok
terdiri atas 26 orang siswa SD Inpres Galangan Kapal II dan 24 orang siswa SD
Inpres Galangan Kapal IV Kota Makassar. Setelah melakukan penelitian, peneliti
menyimpulkan bahwa (1) Hasil uji-t menunjukkan adanya peningkatan yang
signifikan pada hasil pembelajaran tematik pada kelas yang telah diberi
pembelajaran tematik dengan menggunakan metode course review horay sebagai
kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai
rata-rata kelas kontrol yaitu 75,19 > 65,62. Hasil uji hipotesis menunjukkan
bahwa Ho ditolak dan H1 diterima dengan nilai signifikan P(sig.2-tailed) = 0,002
< . (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode course review horay
pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang tidak
menggunakan metode course review horay (pendekatan konvensional |
en_US |