dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam
Menghadapi Pembelajaran Daring di SD Kristen Elim Makassar, serta untuk
mengetahui kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Kristen Elim
Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini yaitu orang tua siswa, guru, kepala sekolah, dan siswa. Pengumpulan data
diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai
pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua siswa kelas V.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring
di SD Kristen Elim Makassar yaitu orang tua melaksanakan dua peran sekaligus
pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah; menyediakan
sarana dan prasarana kepada anak; memberikan semangat; motivasi; mengarahkan
anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak.
Kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Kristen Elim Makassar
yaitu latar belakang pendidikan orang tua memengaruhi tingkat kemudahan dan
kesulitan orang tua dalam mendidik anak; tingkat ekonomi orang tua
memengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi
pembelajaran daring anak; kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan. |
en_US |