PENERAPAN LITERASI SAINS MELALUI PEMANFAATAN ECOBRICK DI KELAS V SD NEGERI 1 TANRUTEDONG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Show simple item record

dc.contributor.author BACHRI, RINI ADEN KARTIKA
dc.date.accessioned 2022-10-25T06:46:54Z
dc.date.available 2022-10-25T06:46:54Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other 4516103038
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1531
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan literasi sains melalui pemanfaatan ecobrick pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tanrutedong Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penerapan literasi sains melalui pemanfaatan ecobrick di kelas V adalah pada setiap indikator literasi sains yaitu: 1) Tahap kontak membuka kegiatan pembelajaran dengan membahas sampah yang ada disekitar siswa, 2) Tahap kuriositi, menarik perhatian siswa agar fokus pada materi tetapi dengan suasana yang rileks, 3) Tahap pembentukan konsep membuat siswa aktif dalam pembelajaran dengan sesi diskusi, 4) Tahap pengambilan keputusan, mengambil keputusan yang logis atas permasalahan tersebut, antusias untuk merangkai ecobrick sebelumnya belum mengenal dan mempelajari ecobrick sebagai daur ulang sampah plastik, 5) Tahap pengembangan konsep siswa dapat menyebutkan inti sari dari pembelajaran yaitu bagaimana membedakan jenis sampah, menjaga kebersihan lingkungan, dan mendaur ulang sampah plastik melalui ecobrick, 6) Tahap evaluasi siswa mampu menyelesaikan pembauatan ecobrick, botol 330ml dengan berat ecobrick 110 gram. Jadi, Penerapan literasi sains melalui pemanfaatan ecobrick di kelas V SD Negeri 1 Tanrutedong Kabupaten Sidenreng Rappang dalam setiap indikator literasi sains telah terlaksana dengan baik. Faktor pendukung yang mempengaruhi terlaksananya indikator penerapan literasi sains, dikarenakan proses pembelajaran yang menarik dan unik karena sebelumnya siswa belum pernah mempelajari ecobrick yang dipadukan dengan literasi sains, siswa juga memiliki rasa penasaran dan rasa ingin tahu sehingga peneliti memaksimalkan untuk menstimulus siswa agar proses pembelajaran berpusat kepada siswa, dan penelitian ini dilaksanakan di lapangan terbuka sehingga siswa merasa nyaman dan materi pelajaran yang diangkat sangat konteks. Pembelajaran literasi sains dapat dipadukan pada mata pelajaran lain dengan mengaitkan pada ecobrick en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Literasi sians en_US
dc.subject ecobrick en_US
dc.subject sekolah dasar en_US
dc.title PENERAPAN LITERASI SAINS MELALUI PEMANFAATAN ECOBRICK DI KELAS V SD NEGERI 1 TANRUTEDONG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account