DSpace Repository

PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BACA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 5 SD INPRES CAMBAYA 4 KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SAIDAH, SITTI
dc.date.accessioned 2022-10-26T02:23:23Z
dc.date.available 2022-10-26T02:23:23Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106011
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1595
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan Bahasa Indonesia pengaruh penggunaan smartphone Android sebagai media pembelajaran terhadap minat baca pada siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar. (2) Untuk mendeskripsikan Bahasa Indonesia pengaruh penggunaan smartphone android sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar. Metode penelitian yang adalah Penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar dengan jumlah 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah sampel jenuh atau sensus, yaitu dengan menjadikan semua siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar sebagai sampel karena jumlah siswa yang tidak banyak, yaitu hanya 40 orang. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan smartphone android dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Cammbaya 4 tahun pelajaran 2020/2021. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil uji hipotesis yang dilakukan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan smartphone android terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. (2) Ada pengaruh positif antara penggunaan smartphone android dengan minat baca siswa kelas V SD Inpres Cambaya 4 tahun pelajaran 2020/2021. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil perhitungan analisis regresi sederhana dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,021 < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh positif antara penggunaan smartphone android terhadap minat baca en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Penggunaan Smartphone Android en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Minat Baca en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BACA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 5 SD INPRES CAMBAYA 4 KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account