dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan Bahasa Indonesia pengaruh
penggunaan smartphone Android sebagai media pembelajaran terhadap minat
baca pada siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar. (2) Untuk
mendeskripsikan Bahasa Indonesia pengaruh penggunaan smartphone android
sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia pada
siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar. Metode penelitian yang
adalah Penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota
Makassar dengan jumlah 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan ialah sampel jenuh atau sensus, yaitu dengan menjadikan semua siswa
kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar sebagai sampel karena jumlah siswa
yang tidak banyak, yaitu hanya 40 orang. Setelah melakukan penelitian, peneliti
menyimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan
smartphone android dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD
Inpres Cammbaya 4 tahun pelajaran 2020/2021. Hal tersebut dapat diketahui dari
hasil uji hipotesis yang dilakukan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 <
0,05), hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh
signifikan antara penggunaan smartphone android terhadap prestasi belajar
Bahasa Indonesia. (2) Ada pengaruh positif antara penggunaan smartphone
android dengan minat baca siswa kelas V SD Inpres Cambaya 4 tahun pelajaran
2020/2021. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil perhitungan analisis regresi
sederhana dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,021 < 0,05), hal ini
menunjukkan bahwa H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh positif antara
penggunaan smartphone android terhadap minat baca |
en_US |