Abstract:
Pemerintahan daerah yang baik dapat terwujud dengan adanya
upaya dari pemerintah daerah untuk mengakomodasi segala aspirasi
masyarakat yang dapat ditandai dengan adanya kebijakan-kebijakan yang
pro rakyat disegala aspek yang menjadi urusan wajib pemerintah daerah.
Untuk mewujudkan tujuan dari kebijakan sangat dipengaruhi kinerja
Pegawai Sekretariat DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam
pelayanan terhadap Anggota DPRD Kabupaten Sinjai.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif . Dalam pemilihan
informan peneliti menggunakan purposive. Adapun teknik yang digunakan
peneliti dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan studi
dokumentasi. Kinerja pemerintah daerah dapat dilihat dari kinerja pegawai
atau aparatur pemerintahannya, peneliti memfokuskan penelitian ini di
Sekretariat DPRD Kabupaten Sinjai, dimana pegawai Sekretariat memiliki
tugas pokok dan fungsi yaitu memfasilitasi anggota DPRD Kabupaten
Sinjai.
Dalam menilai kinerja pekerjaan seseorang penilaian kinerja sangat
penting bagi setiap pegawai untuk mengukur bagaimana prestasi kerja
pegawai tersebut dan mengukur sejauhmana tugas pokok dan fungsi
Sekretariat DPRD Kabupaten Sinjai dapat terlaksana. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai di Sekretariat DPRD
Kabupaten Sinjai. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa
kinerja pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Sinjai sudah mengalami
kemajuan kinerja serta disiplin ini terlihat dengan agenda pelayanan
kepada Anggota DPRD Kabupaten Sinjai berjalan sesuai rencana kerja
meski demikian masih dibutuhkan kinerja yang maksimal dan efektif dan
efisien.