Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kinerja
PDAM Tirta Massenrempulu Kabupaten Enrekang berdasarkan metode balanced
scorecard dalam perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan
PDAM Tirta Massenrempulu Kabupaten Enrekang tahun 2017, 2018, dan 2019 serta
pelanggan PDAM Tirta Massenrempulu Kabupaten Enrekang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu simple random sampling, penentuan ukuran sampel
menggunakan rumus slovin yang diperoleh ukuran sampel sebanyak 100 responden
pelanggan dan 50 responden pegawai PDAM Tirta Massenrempulu Kabupaten Enrekang.
Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui wawancara kepada informan, teknik dokumentasi berupa
laporan keuangan, serta teknik kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2017 hingga tahun 2019, kinerja
pada perspektif keuangan tidak baik karena masih belum tepat dalam proses
penganggaran, sedangkan pada kinerja perspektif pelanggan sudah cukup baik, pada
perspektif proses bisnis internal menunjukkan hasil yang kurang baik, serta tingkat
kinerja pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran memperoleh hasil yang baik.
PDAM Tirta Massenrempulu Kabupaten Enrekang harus memperbaiki pelayanan kepada
para pelanggan karena pendapatan perusahaan dapat meningkat jika menambah tingkat
pemerolehan pelanggan baru.