Abstract:
Pembelajaran membaca di sekolah menenggah pertama merupakan salah satu keterampilan bahasa yang memegang peran penting. Keterampilan membaca merupakan
keterampilan ketiga yang dikuasai oleh siswa dalam memiliki peran terhadap keterampilan bahasa serta penguasaan materi pelajaran yang lain.
Penelitian ini mengankat permasalahan bagaimana kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII VIII SMP Negeri 8 Makassar.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar dengan jumlah 288 orang.Sampelnya sebanyak 36 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random samping (acak). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik presentase.
Hasil analisis data yang diperoleh menunjukan dari 36 siswa sebagai responden hanya 19 orang (52,77%) yang berhasil meraih nilai di atas 75. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar masih sanggat kurang karena masih jauh dibawah standar yaitu sekurang-kurangnya 85% dari seluruh siswa responden. Oleh karena itu, kemampuan membaca cepat siswa SMP Negeri 8 Makassar dalam peroses belajar mengajar khususnya bahasa Indonesia disarankan siswa dan guru bersifat lebih aktif dan sarana pendukung pembelajaran lebih ditingkatkan