DSpace Repository

PENGEMBANGAN APLIKASI AYO KENAL PAHLAWANKU EDISI SULAWESI SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.author YUSRAN
dc.date.accessioned 2022-10-27T06:04:01Z
dc.date.available 2022-10-27T06:04:01Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106009
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1672
dc.description.abstract Mengenal Pahlawan yang Ada di Indonesia adalah materi yang dibelajarkan di kelas IV SD. Materi ini terdapat pada tema 5 Pahlawanku mencakup informasi tentang pahlawan-pahlawan yang ada di Indonesia. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti, guru mengalami kesulitan pada saat membelajarkan materi ini, demikian juga peserta didik merasa tidak tertarik dengan materi yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi pembelajaran interaktif yang layak sebagai suplemen untuk pembelajaran materi Mengenal Pahlawan yang Ada di Indonesia sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara lebih menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan lima langkah pengembangan yang merujuk pada model yang dikembangkan Lee & Owens. Subyek ujicoba pada penelitian ini adalah peserta didik dan guru SD Inpres Galangan Kapal IV. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil validasi ahli, media Ayo Kenal Pahlawanku memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata kevalidan produk sebesar 81,85%. Tingkat kepraktisan dan kemenarikan produk berdasarkan uji coba pengguna berturut-turut adalah 96,38% dan 94,39%, hal ini menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran Ayo Kenal Pahlawanku memenuhi kriteria sangat praktis dan sangat menarik sehingga dapat digunakan tanpa revisi. Keefektifan diukur berdasarkan aktivitas peserta didik. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan media Ayo Kenal Pahlawanku pada saat uji coba lapangan memperoleh tingkat pencapaian 89,00%. Jika dikonversikan pada kriteria keaktifan hasil ini memenuhi kriteria sangat aktif sehingga produk dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan seluruh hasil analisis produk meliputi kevalidan, kepraktisan, kemenarikan, dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran Ayo Kenal Pahlawanku ini sangat layak untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran materi Mengenal Pahlawan yang Ada di Indonesia. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pengembangan Aplikasi Ayo Kenal Pahlawanku en_US
dc.subject Suplemen en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title PENGEMBANGAN APLIKASI AYO KENAL PAHLAWANKU EDISI SULAWESI SELATAN en_US
dc.title.alternative (Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Mengenal PahlawanPahlawan yang Ada di Indonesia) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account