Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA SMP Negeri 35 Kota
Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang melibatkan
dua kelompok dimana salah satu berperan sebagai kelompok eksperimen dan yang
lain sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 35 Kota Makassar Tahun Pelajaran 2020/2021, dan dipilih dua
kelas sebagai sampel penelitian secara purposive sampling. Kelas yang dipilih
sebagai sampel penelitian adalah kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan
kelas VII.2 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan
lembar observasi dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif serta tes
hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran dan dianalisis dengan
menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk hasil belajar,
hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai signifikansi hasil belajar lebih
kecil dari 0,05 (α <0,05). Sehingga berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji paired sample t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttable (19,121
> 2,055), dengan taraf signifikan kurang dari 5% (0,000 < 0,05). Hal ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning ada berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi klasifikasi makhluk hidup