dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter
pada pemebelajaran tematik di kelas IV SD Inpres Lanraki 1 Kota Makassar. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskrptif
kualitatif. Subjek penelitian pada peneliatian ini adalah peserta didik, orang tua
dan guru. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik anaslisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Temuan pada penelitian ini menunjukkan penerapan pendidikan karakter
meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik. Proses
pelaksanaannya, guru menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan
pembelajaran, metode pembelajaran, diskusi, dan penugasan. Pada pembelajaran
tematik pada tema 1, Nilai karakter yang dikembangkan oleh guru ada 4 yaitu
religius, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab. Kendala yang dihadapi guru
dalam menerapkan pendidikan karakter adalah faktor dari diri sendiri guru,
keadaan sekarang yaitu belajar secara daring dan dukungan orang tua. |
en_US |