Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Responsible App
Berbasis E-Learning sebagai Penunjang Pembelajaran Daring bagi guru dan siswa
di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang
mengacu pada prosedur penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall dimulai
dari tahap pengumpulan informasi sampai dengan revisi produk akhir berupa
aplikasi Responsible App. Sampel penelitian adalah guru dan siswa yang
berjumlah 51 orang. Prosedur pengembangan produk diawali dengan studi
pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi, revisi, uji coba
terbatas, revisi produk operasional, uji coba operasional hingga revisi produk
akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi yang dianalisis dengan
analisis data persentase dan kriteria kevalidan, kepraktisan serta keefektifan
produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi Responsible
App berbasis E-Learning dapat digunakan sebagai Penunjang Pembelajaran
Daring siswa di Sekolah Dasar berdasarkan hasil validasi senilai 1,00 pada kriteria
sangat valid. Hasil dari uji kepraktisan dan uji keefektifan produk yang masingmasing memiliki persentase sebesar 91,23% dan 93,60% pada kriteria sangat
praktis dan sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
pengembangan aplikasi Responsible App layak digunakan sebagai penunjang
pembelajaran daring siswa di Sekolah Dasar.