Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media takalintar
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 173 Kertoraharjo.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini per-eksperimental designs (One Grup
Pretes-postes design). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik perlakuan (tes),
observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian digunakan sebanyak 16 orang.
Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisi data deskriptif dan
inferensial, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian
yang dilakukan yaitu ketika dilakukan perlakuan menggunakan media takalintar,
menghasilkan siswa lebih fokus, media takalintar dapat menarik perhatian siswa
dalam pembelajaran perkalian, dan siswa lebih cepat memahami dan mudah
menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan perkalian sebab dengan media
takalintar siswa tidak pusing dengan bilangan simpan. Didapatkan nilai rata-rata
(pretes) sebelum dilakukan perlakuan yaitu 51,25 dan setelah diberikan perlakuan
(postest) yaitu 90,94. Efektif dilihat berdasarkan hasil nilai uji N-gain yaitu 0,80
berada dikategori tinggi, jadi dengan menggunakan media takalintar di SD Negeri
173 Kertoraharjo kelas III efektif diterapkan. Sehingga media takalintar efektif
untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 173
Kertoraharjo.