dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
visual dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD Negeri Batulaccu Kota
Makassar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi eksperimental.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B sebanyak 38 orang.
Dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest, metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Control Group Design dengan kelas eksperimen dan
kelas kontrol untuk membedakan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan
empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh
menggunakan software SPSS 26 for windows. Hasil tes menunjukkan nilai ratarata siswa pada kelas eksperimen sebanyak 22 siswa yaitu 85,00 dan pada kelas
kontrol nilai rata-rata siswa yaitu 80,00 sebanyak 16 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual dapat meningkatkan
proses belajar mengajar, media visual efektif digunakan sebagai salah satu media
pembelajaran yang baik digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil SPSS
26 dalam uji hipotesis, diperoleh signifikan untuk uji dua sisi 0,00. Nilai
signifikan untuk uji dua sisi ini lebih kecil dari 0,05. Karena signifikan lebih kecil
dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat peningkatan penggunaan media visual. |
en_US |