dc.description.abstract |
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Plus Budi Utomo Makassar.
Ukuran sampel sebanyak 124 siswa ditentukan berdasarkan table Isaac dan Newton.
Teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling. Data
dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan analsis
deskriptif dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 20.0
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku interpersonal guru yang
positif dapat memberikan efek positif pada hasil belajar siswa baik ranah kognitif
maupun ranah afektif. Tiga perilaku itu adalah kepemimpinan, membantu / ramah,
dan pengertian. Perilaku kepemimpinan secara dominan berkontribusi pada prestasi
siswa. Dalam ranah kognitif, aktivitas dan motivasi belajar siswa tergantung pada
perilaku guru di kelas, karena guru adalah stimuli yang diharapkan dapat
meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa.
Peningkatan hasil belajar siswa akan tercapai seiring dengan meningkatnya
aktivitas dan motivasi belajar siswa. Dalam ranah afektif, sikap interpersonal guru
juga dapat memiliki pengaruh positif. Persepsi siswa yang positif tentang perilaku
interpersonal guru akan mengarahkan mereka untuk mencapai kinerja yang baik.
Hasil belajar yang baik akan terwujud bersama kinerja yang baik. Dalam penelitian
ini, sebagian besar siswa menganggap bahwa guru mereka adalah pemimpin yang
baik, hampir setengah dari seluruh sampelsiswa menganggap bahwa guru mereka
membantu / ramah, dan pengertian. |
en_US |