dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media British
Recording Audio terhadap pemahaman menyimak siswa kelas sebelas SMA
Negeri 3 Makassar.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif untuk
memperoleh data dan hasil tes yang telah dilakukan penulis untuk melihat
kemampuan siswa dalam memahami menyimak. Penelitian ini dilaksanakan pada
tanggal 17 Januri 2020 di kelas sebelas SMA Negeri 3 Makassar tahun pelajaran
2020/2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3
Makassar yang berjumlah 270 siswa yang terbagi dalam Sembilan kelas yang
masing-masing kelas terdiri dari kurang lebih 30 siswa. Secara random sampling,
penulis mengambil satu kelas di kelas XI yang terdiri dari 31 siswa. Peneliti
memilih sampel secara acak berdasarakan pada kemampuan siswa dalam
menyimak.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai pre-test 47
dan posttest 67. Nilai t-test penelitian ini 19,287 lebih tinggi dari t-tabel 1,697
dengan signifikansi 0,05. Artinya British Recording Audio memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kemampuan menyimak siswa kelas sebelas SMA Negeri
3 Makassar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Makassar,
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran siswa
yang menggunakan British Recording Audio dalam pemahaman menyimak pada
siswa kelas sebelas SMA Negeri 3 Makassar tahun pelajaran 2020/2021. Hal
tersebut dapat dilihat berdasarkan nilai post-test siswa dalam pengajaran
menyimak yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai post-test siswa yang
menggunakan British Recording Audio |
en_US |