Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan kemampuan
siswa teradap penerapan aplikasi podcast "british council" dalam meningkatkan
kemanpuan pelafalan siswa EFL pada siswa kelas X SMAN 13 Bulukumba.
Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimen dalam dua kelas
yakni kelas control dan kelas experimental yang menggunakan pre-test dan posttest. Peneltian ini dilakukan di SMAN 13 Bulukumba, populasi pada penelitian ini
adalah siswa kelas X MIPA 2 dan X IPS tahun akademik 2020/2021. Total sample
dalam penelian ini adalah 43 orang dari kelas X mipa 2 dan X IPS.
Setelah melakukan penelitian, peneliti menganalilis data menggunakan
analisis test pada spss v.16, peneliti menyimpulkan bahwa penerapakan aplikasi
podcast dapat meningkatkan pelafalan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa dapat meningkatkan kemampuan pelafalan siswa yang diajarkan
menggunakan aplikasi podcast "british council" dengan siswa yang menggunkan
buku test. nilai rata-rata dari hasil pelafalan siswa dikelas experimen meningkat
dari 23,8 di pre-test menjadi 64,62 di post-test, sedangkan di kelas control, nilai
rata-rata pada pre-test 27,6 dan post-test 68,24, selain itu. Nilai signifikan
terhitung 0,000 oleh karna itu nilai hipotesis diterima peneliti juga menemukan
bahwa sebagian besar siswa menerima dan mengguakan aplikasi podcast “british
council dengan baik.Ini berarti penerapan aplikasi podcast “bristh council”
meningkatkan kemampuan pelafalan dalam bahasa inggris siswa pada kelas X di
SMAN 13 Bulukumba.