Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres
Paropo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
expostfacto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Inpres Paropo.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Paropo
sebanyak 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dengan
menyebar angket untuk memperoleh data kedisiplinan belajar siswa dan nilai
raport semester genap tahun ajaran 2021/2022 untuk memperoleh data hasil
belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear
sederhana. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 56,855 +
0,297X menunjukkan bahwa konstanta (a) bernilai positif yaitu 56,855
menunjukkan pengaruh positif kedisiplinan belajar tehadap hasil belajar siswa,
sedangkan koefisien regresi (b) menunjukkan bahwa jika kedisiplinan belajar
mengalami kenaikan satu satuan, maka hasil belajar akan mengalami peningkatan
sebesar 0,297. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar siswa pada saat mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 5,879 > ttabel = 0,4132, maka
H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh
Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Paropo