Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode
drill terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Beroanging Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest
Control Group Design, yaitu memberikan tes sebelum diberikan perlakuan yang
dimana salah satu kelas menggunakan metode drill. Sampel penlitian ini adalah
kelas IV sebanyak 60 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan.
Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
observasi, tes, dan dokumentasi.
Pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata hasil pre-test 20,17
rendah dan post-test 42,33 kategori sedang, sedangkan di kelas eksperimen
dengan menggunakan metode drill yaitu dengan nilai rata-rata pre-test 32,67
rendah dan hasil post-test 80,83 yang termasuk kategori tinggi maka dapat dilihat
penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika secara keseluruhan
terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya hasil penelitian ini
diterapkan dengan metode drill dan menggunakan bantuan SPSS. Dapat juga
dilihat dari uji-t diperoleh thitung≥ 0,005 tTabel (8,408≥0,254). Sedangkan nilai Sig
(2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05) artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran
drill terhadap hasil belajar matematika kelas IV UPT SPF SD Beroanging
Makassar