Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di masa pembelajaran tatap muka terbatas kelas IV. Penelitian ini di
laksanakan di SDN Limbung Puteri Kabupaten Gowa tahun ajaran 2021/2022.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian experimen one-group pretestposttest. Sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa terdiri dari 11 perempuan dan
16 laki-laki. Dari hasil nilai rata-rata (mean) pretest adalah 67.92 dan berada pada
kategori masih rendah, sedangkan rata-rata (mean) postest 91,85 berada pada
kategori sangat tinggi nilai rata-rata pada postest lebih tinggi dibandingkan nilai
rata-rata pretest. Hasil penelitian untuk uji-t diperoleh thitung > ttabel diperoleh
(10,50 >1,796) maka H0 ditolak H1 diterima diterima. Dengan demikian dapat di
simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di masa pembelajaran tatap
muka terbatas kelas IV SDN Limbung Puteri Kabupaten Gowa