dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media
scrapbook terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres
Pannampu 2 Kota Makassar, (2) pengaruh media scrapbook terhadap
keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kota
Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian eksperimen semu, bentuk desain yang digunakan adalah non-equivalent
control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres
Pannampu 2 yang berjumlah 42 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya
pengaruh media scrapbook terhadap keterampilan menulis siswa dimana nilai
rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata
kelas kontrol setelah penerapan media scrapbook, kemudian hasil penelitian juga
menunjukkan adanya pengaruh media scrapbook terhadap keterampilan berbicara
siswa dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan
nilai rata-rata kelas kontrol setelah penerapan media scrapbook. |
en_US |