dc.description.abstract |
Hallyu Wave berkembang pesat di Indonesia, bermunculnya fandom-fandom
K-Pop di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fanship
terhadap positive psychosocial outcomes: happiness, self-esteem dan social
connectedness berdasarkan teori identitas sosial pada K-Popers di Indonesia.
Subjek pada penelitian ini sebanyak 486 penggemar K-Pop yang berada di
Indonesia. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Fanship Scale
(Reysen (2010), Self-Esteem Scale (Rosenberg, 1965), Oxford Happiness
Quesionnaire (Argyle & Hills, 2002), dan Social Connectedness Scale-Revised
(Lee, Draper, Lee, 2001). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
yakni analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1).
Fanship terhadap happiness pada penggemar K-Pop di Indonesia memiliki
pengaruh dengan arah yang postif dengan nilai kontribusi sebesar 17,7%. 2).
Fanship terhadap self-esteem pada penggemar K-Pop di Indonesia memiliki
pengaruh arah yang negatif dengan nilai kontribusi sebesar 1,7%. 3). Fanship
terhadap social connectedness pada penggemar K-Pop di Indonesia memiliki
pengaruh arah yang positif dengan nilai kontribusi sebesar 11,4%. |
en_US |