Abstract:
Penelitian ini dilakukan oleh Rini 4516021013. Dengan judul penelitian
Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi bagi Tingkat Pendidikan Sekolah Menengah
Pertama di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Sistem Kebijkan zonasi ini
dilaksankan iala dengan tujuan yaitu melakukan pemerataan pendidikan yang ada,
baik yang ada di desa atau yang ada di perkotaan sehinga tidak ada lagi sekolah yang
di cap sebagai sekolag favorit.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hasil
dan dampak yang diterima baik dari siswa maupun guru setelah adanya penerapan
kebijakan Sistem Zonasi Sekolah pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di
Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Penelitian ini
mengambil data langsung di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Enrekang, SMPN 1
Enrekang, SMPN 2 Enrekang, SMPN 6 Enrekang dan SMPN 7 Enrekang yaitu
dengan cara melakukan observasi langsung, wawancara dengan informan dan juga
observasi pustaka
Proses analisis data yaitu dengan menggunakan teknik analisis deskriftif
dengan melalui tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan sistem zonasi sekolah
pada tingkat SMP memberikan dampak bagi siswa-siswa yang ingin memilih sekolah
yang mereka suka, dan juga dampaknya terhadap sekolah yang mengalami kebaruan
dan berakibat kepada guru yang kekurangan ajam mengajar.