Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan
literasi sains pada peserta didik kelas VII-5 dalam mata pelajaran IPA digunakan
pada kemampuan literasi sains peserta didik dalam aspek kompetensi mata
pelajaran IPA dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi literasi
sains mata pelajaran IPA pada peserta didik di SMPN 35 Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan Tes.
Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian, analisis kemampuan literasi
sains peserta didik pada mata pelajaran IPA Kelas VII UPT SPF SMPN 35 Kota
Makassar yang berjumlah 28 orang peserta didik yang menunjukkan bahwa
Hasil kemampuan literasi sains peserta didik masih rendah atau masih di
bawah rata-rata dari nilai KKM (belum mampu) dimana hasil kerja peserta didik
itu tidak seorang pun bisa mendapat nilai 100, hanya banyak memperoleh nilai di
bawah rata-rata KKM. Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab antara
lain yaitu, peserta didik hanya Sebagian yang mampu memehami konsep dan yang
lainnya hanya memahami sebatas teori. Selain itu, kurangnya motivasi belajar,
latar belakang Pendidikan peserta didik pada mata pelajaran IPA, fasilitas yang
kurang memadai, dan belum lengkapnya alat serta bahan yang disediakan di ruang
laboratorium yang menyebabkan kemampuan literasi sains peserta didik rendah.
Hal ini juga memengaruhi rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada mata
pelajaran IPA. Hal ini ditandai dimana guru tidak menstimulus kemampuan
literasi sains peserta didik dalam proses pembelajaran literasi sains pada aspek
kompetensi peserta didik.