Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap membaca pemahaman
Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design
dengan model Nonequivalent Control Design yang dilakukan dengan 2 kelas yaitu
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV
sebanyak 59 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan
menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest
eskperimen adalah 80 sedangkan nilai rata-rata posttest kontrol adalah 67,42.
Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney diperoleh Asymp. Sig.
(2-tailed) bernilai 0.020, karena 0.020 lebih kecil dari < 0.05 maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar membaca pemahaman Bahasa
Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Makassa