dc.description.abstract |
Saat ini seorang pemimpin tidak hanya menggunakan otiritas yang dimilikinya, namun juga
harus menggunakan pengaruhnya untuk menggerakkan orang lain dan memotivasi orang lain
untuk dapat bekerja. Dapat diartikan sebagai usaha seorang pemimpin melayani (servant
leadership) untuk menciptakan kinerja yang baik dari bawahannya melalui dimensi-dimensi
yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi-dimesi servant leadership
terhapad kinerja aparatur sipil Negara di kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 responden. Data yang dikumpulkan
menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil servent leadership yang dimiliki
Bupati Kabupaten Pinrang berada dalam kategori sedang. Dengan hasil kinerja yang berada
dalam ketegori sedang selain itu, Hasil analisis ini menunjukkan bahwa love, empowerement,
vision, humility, dan trust ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
karyawan. Hal ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh servant leadership Bupati
Kabupaten Pinrang terhadap hasil kinerja Aparatur Sipil Negara di Sekretariat Daerah Pinrang |
en_US |