Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan
belajar siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-lae 1 Makassar. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif yaitu metode dengan mengumpulkan data, disusun
dan di analisis sehingga memberikan kebenaran, yang bertujuan untuk
mengungkapkan fakta, fenomena, dan keadaan yang terjadi saat penelitian
berjalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
wawancara, tes lisan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang
mengalami kesulitan belajar ada 21 siswa sedangkan 1 siswa tidak mengalami
kesulitan dalam membaca. Adapun faktor penyebab siswa kesulitan dalam belajar
yakni kemalasan dan tidak memiliki minat untuk belajar, tidak ada dorongan dari
orang tua untuk anaknya belajar di rumah, kurang motivasi dari orang tua. Dari
analisis diatas dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar Bahasa Indonesia siswa
pada keterampilan membaca di kelas II UPT SPF SD Inpres Lae-lae 1 Makassar
masih kurang baik