Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemberian intervensi informasi
dalam mempromosikan perilaku anti-littering dengan value sebagai mediator.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain
nonequivalent control-group pretest posttest. Subjek dalam penelitian ini yaitu 70
orang mahasiswa di Kota Makassar, dimana lokasi penelitian di Universitas
Bosowa. Instrumen pengumpulan data menggunakan Skala Intention,
Acceptability, Belief, dan Knowledge oleh Bolderdijk et al. (2013) yang diadaptasi
peneliti untuk mengukur perilaku anti-littering, dan menggunakan Skala Value
yang di konstruk peneliti untuk mengukur variabel mediator. Hasil penelitian
menunjukkan signifikansi < 0.001 yang artinya terdapat perbedaan post-test nilai
perilaku anti-littering pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dimana
skor kelompok eksperimen lebih tinggi. Juga terdapat perbedaan nilai pre-test dan
post-test pada kelompok eksperimen, dimana skor nilai post-test lebih tinggi.
Nilai LLCI = 0.0115 dan ULCI = 0.7688 yang artinya value memiliki efek
mediasi pastial pada intervensi informasi terhadap perilaku anti-littering