EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PERLINDUNGAN KONSUMEN DI DINAS PERDAGANGAN KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SAMBEN, CRISTINA MERCY
dc.date.accessioned 2022-11-22T01:27:12Z
dc.date.available 2022-11-22T01:27:12Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4518021009
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2346
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pelaksanan program perlindungan konsumen di Dinas Perdagangan Kota Makassar. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pegawai bidang Perlindungan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa menunjukan peran Dinas Perdagangan Kota Makassar dalam program perlindungi konsumen dengan melakukan pembinaan berupa sosialisasi, penyuluhan dan pengawasan terhadap pelaku usaha dan juga konsumen. Hasil dari pelaksanaan program perlindungan konsumen yaitu adanya hambatan yang dialami Dinas Perdagangan kota Makassar dalam melindungi konsumen adalah kurangnya Sumber Daya Manusia dalam melaksanakan kegiatan seperti turun kelapangan melakukan kegiatan pengawasan harga barang dan alat UTTP kepada pelaku usaha dan ketidakpatuhan pelaku usaha serta konsumen dalam menghadiri undangan melakukan sidang jika ada pengaduan menyelesaikan perkara dalam bidang BPSK dan juga dalam pengawasan pelaksanaan Program perlindungan konsumen di dinas perdagangan kota Makassar menunjukkan bahwa pemerintah dinas perdagangan hanya berfokus terhadap pengawasan dijalankan secara tidak langsung. Pengawasan tidak langsung juga perlu dilakukan mengingat keterbatasan dalam hal mengawasi, jika hanya dilakukan oleh satu pihak tertentu. Mengingat keterbatasan jika harus melakukan seluruh pengawasan terhadap perdagangan sebagai pelaku usaha dan konsumen yaitu masyarakat sebagai pengguna produk di kota Makassar yang bersumber dari laporan-laporan seperti menunggu surat ataupun pengaduan dari masyarakat yang merasa dirugikan serta pelaku usaha namun juga perlu pengawasan secara langsung terhadap pelaku usaha jika ada yang melanggar aturan dalam berjualan. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Evaluasi Program en_US
dc.subject Perlindungan Konsumen en_US
dc.subject Dinas Perdagangan en_US
dc.title EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PERLINDUNGAN KONSUMEN DI DINAS PERDAGANGAN KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account